Kamis, 23 Agustus 2012

MID Semester Ganjil kelas XI



1.       Siapakah tokoh Alkitab yang martir pertama bagi Tuhan? Dan ceritakan dengan singkat akhir hidupnya?
2.       Daniel dan teman-temannya memiliki pengetahuan yang jauh lebih baik dari seluruh pegawai di istana milik Nebudkadnezar.  Tuliskan, berapa kali lebih cerdas Daniel cs dibandingkan dengan para pegawai Raja Nebudkanezar ? Uraikan dengan singkat cerita tersebut mengapa mereka lebih cerdas !
3.       Apa yang Allah janjikan kepada Abraham baik untuk anak dan keturunannya? (Lihat Kitab Kejadian)
4.       Mengapa Saul membenci Daud ? Jelaskan latar belakang penyebabnya (Lihat 1 Samuel 18:6-30)
5.       Tuliskan lima tokoh Alkitab laki-laki yang sering disebutkan namanya (urutkan dari yang terbanyak) !  Berapa kalikah tiap-tiap nama tokoh tersebut tertulis di dalam Alkitab?
6.       Tuliskan tokoh-tokoh di dalam Alkitab yang mengalami terangkat ke surga tanpa melalui kematian? (3 tokoh)
7.       Apa yang dimaksud dengan tokoh-tokoh gereja?
8.       Siapakah tokoh gereja yang di panah sampai mati oleh tentara-tentara Roma? (1 tokoh saja)
9.       Tuliskan kaisar Roma yang mendukung kekristenan pada zamannya?
10.    Tuliskan kaisar Roma yang sangat kejam dan tidak manusiawi?
11.    Tuliskan nama tempat di Roma (Italy) saat zaman kekaisaran digunakan sebagai tempat “tontonan” menarik bagi seluruh masyarakat Romawi ? Apa yang dilakukan di tempat itu?
12.    Tuliskan secara singkat riwayat hidup dari tokoh gereja yang anda pilih saat tugas yang p’heri berikan? Tentukan dari karakter tokoh tersebut? (minimal 2 karakter)
13.    Carilah nama-nama tokoh Alkitab berikut ini! Caranya, boleh diagonal dari atas ke bawah atau sebaliknya, boleh vertical dari atas ke bawah dan sebaliknya, horizontal dari kiri ke kanan atau sebalinya (anda harus mendapatkan 30 nama Tokoh Alkitab).

Kisi-kisi Kelas XII Semester Ganjil Mapel PAK



KISI – KISI UJI KOMPETENSI (UUSB)


NAMA SEKOLAH                                                     : SMA Kristen Ketapang III
MATA PELAJARAN & NAMA GURU                   : PAK, Heri Sihaloho M.Div
KELAS/SEMESTER/TAHUN PELAJARAN                       : XII / Ganjil / 2011 - 2012

Standar Kompetensi  : Bertanggung jawab sebagai orang kristen dalam perannya sebagai warga gereja dalam mewujudkan nilai-nilai demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar baik

KOMPETENSI
DASAR


MATERI
 POKOK

ASPEK/
TAKS

INDIKATOR SOAL

SOAL

KUNCI
Menjelaskan gereja dan perannya sebagai institusi sosial dan sebagai persekutuan orang percaya di tengah tantangan kehidupan masa kini












































































































































































































































































Bersikap kritis terhadap peran agama dalam masyarakat






























Gereja dan Sejarah Perkembangannya













































Gereja dan Perannya di Indonesia




































Gereja dan Self Critical
















Tantangan-tantangan yang Dihadapi Gereja










































































Budaya Beragama




























































































Apakah Agama itu ?











































































Fungsi Agama Bagi Manusia dan Masyarakat



































































Membarui Masyarakat























































Peran Konstruktif Agama sebagai Lembaga


















































Peran Destruktif Agama Sebagai Lembaga



























































































































C1












C1







C3








C3








C1







C1










C3















C3












C2
















C1













C3









C1
















C3











C4













C5







C3















C4











C3














C5









C5








C4















C5















C2








C1








C2

















C4










C4

















C5












C3








C3













C2







C3










C2











C5















C5









C2








C3








C3










C4









C4







C1













C2








C3











C4








C3








C4













C2








C3










C5











C2



Menjelaskan arti dari gereja (ekklesia)











Menyebutkan asal kata ekklesia dalam bahasa aslinya







mengkaitkan kata gereja dengan ayat Alkitab yang terhubung







Menemukan perkembangan sejarah gereja pertama kali di dunia







Menyebutkan jabatan gereja yang mulai berfungsi saat zaman rasul






Menyebutkan tugas panggilan gereja dengan benar dan tepat









Membedakan kesamaan antara institusi sosial dengan gereja














Membedakan antara gereja dengan institusi sosial











Menerangkan maksud dari sikap kritis dalam kaitannya dengan gereja















Menyebutkan aliran yang berkembang pada gereja mula-mula












Membedakan beberapa pengaruh globalisasi ditengah-tengah lingkungan gereja







Dapat menjelaskan arti dari tantangan gereja secara internal















Menemukan nilai positif yang muncul dari beberapa aliran gereja










Menganalisa dengan memberikan sikap bila terjadi perpecahan atau perselisihan dilingkugan gereja











Dapat menyimpulkan sisi negatif dari ekklusifisme






Menemukan saat dimana manusia mulai merasa perlu untuk beragama














Memberikan penilaian dalam bentuk alasan terhadap keinginan manusia untuk patuh terhadap kehidupan beragama








Memberikan dasar dalam Alkitab bahwa manusia perlu mengembangkan budaya beragama












Mengkombinasikan hal budaya agama dengan homo ratio dan labor








Menafsirkan kehidupan budaya agama dalam Alkitab yang dipegang oleh umat Israel khususnya






Menelaah dengan baik berkenaan dengan kebudayaan sehingga bisa diterima oleh iman Kristen













Membuat formula yang tepat (mengkategorikan) dalam bentuk sikap yang benar terhadap kebudayaan













Menunjukkan arti dari agama








Menentukan arti dari religere








Dapat meyebutkan arti dari agama secara umum (setelah dianalisakan)
















Menghubungkan pentingnya beragama ke dalam kehidupan manusia dengan benar








Mengkategorikan unsur-unsur agama dalam praktiknya dari kehidupan  paranormal (menerapkan)















Dapat menyimpulkan mengenai pandangan Kristen tentang agama











Dapat menentukan fungsi dari agama, termasuk yang bukan







Menunjukkan fungsi terhadap jabatan yang dipegang menurut tanggung jawabnya











Memberikan penjelasan dengan benar mengenai agama wahyu






Menyesuaikan kehidupan dari praktik beragama yang diwujudkan dalam bentuk hal yang sakral (benda dan sejenisnya)







Menyebutkan hambatan dari peran agama di masyarakat sehingga tidak berjalan dengan baik









Dapat menyimpulkan peran agama dalam masyarakat di sekitarnya














Menyimpulkan hal yang dilakukan oleh manusia untuk membarui hidupnya








Menemukan pengaruh agama bagi kehidupan bermasyarakat pada umumnya






Menemukan bentuk yang tepat untuk membarui masyarakat terhadap prilaku agama






Menemukan sosok pribadi yang dapat memberikan pembaharuan kepada hal yang berarti








Dapat memberikan kesimpulan dalam mempertahankan prilaku hidup yang benar sehingga dibarui terus menerus







Mengkorelasikan unsur-unsur agama yang telah diinstitusikan






Menjelaskan peran konstruktif agama sebagai lembaga dalam masyarakat












Dapat menyebutkan dua bagian yang berkaitan dengan hal konstruktif (organisasi keagamaan)






Menetapkan hal yang doktrinal dengan benar, berkaitan bisa atau tidaknya mitologi dan teologi rasional dapat diterima secara alkitabiah








Menghubungkan dengan jabatan di dalam PL dalam kaitannya dengan konstruksi (kelembagaan) agama






Menentukan kelembagaan yang diteteapkan oleh pemerintah untuk mengatur dan mengawasi dalannya kebebasan beribadah





Menganalisa peran agama yang destruktif melalui munculnya idealisme












Dapat memberikan penjelasan maksud dari fanatisme







Memperkirakan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk meminimalkan peran destruktif agama








Mengkaitkan atau menghubungkan kehidupan yang tolerir dalam beragama dengan teladan yang ditunjukkan oleh Yesus








Menyebutkan beebrapa bentuk konflik sosial yang bersumber dar agama


































KISI – KISI UJI KOMPETENSI (UUSB)


NAMA SEKOLAH                                                     : SMA Kristen Ketapang II
MATA PELAJARAN & NAMA GURU                   : PAK, Heri Sihaloho, M.Div
KELAS/SEMESTER/TAHUN PELAJARAN                       : XII / Ganjil / 2007 - 2008

Standar Kompetensi  : Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca.


KOMPETENSI
DASAR


MATERI
 POKOK

ASPEK/
TAKS

INDIKATOR SOAL

SOAL

KUNCI



























KISI – KISI UJI KOMPETENSI (UUSB)


NAMA SEKOLAH                                                     : SMA Kristen Ketapang II
MATA PELAJARAN & NAMA GURU                   : PAK, Heri Sihaloho, M.Div
KELAS/SEMESTER/TAHUN PELAJARAN                       : XII / Ganjil / 2007 - 2008

Standar Kompetensi  : Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf ( naratif, deskriptif dan ekspositif )


KOMPETENSI
DASAR


MATERI
 POKOK

ASPEK/
TAKS

INDIKATOR SOAL

SOAL

KUNCI
.