KISI – KISI UJI
KOMPETENSI (UUSB)

MATA PELAJARAN & NAMA GURU : PAK,
Heri Sihaloho M.Div
KELAS/SEMESTER/TAHUN PELAJARAN :
XII / Ganjil / 2011 - 2012
Standar
Kompetensi : Bertanggung jawab
sebagai orang kristen dalam perannya sebagai warga gereja dalam mewujudkan
nilai-nilai demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar
baik
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
ASPEK/
TAKS
|
INDIKATOR
SOAL
|
SOAL
|
KUNCI
|
Menjelaskan gereja dan
perannya sebagai institusi sosial dan sebagai persekutuan orang percaya di
tengah tantangan kehidupan masa kini
Bersikap kritis terhadap
peran agama dalam masyarakat
|
Gereja dan Sejarah
Perkembangannya
Gereja dan Perannya di
Indonesia
Gereja dan Self Critical
Tantangan-tantangan yang
Dihadapi Gereja
Budaya Beragama
Apakah Agama itu ?
Fungsi Agama Bagi Manusia
dan Masyarakat
Membarui Masyarakat
Peran Konstruktif Agama
sebagai Lembaga
Peran Destruktif Agama
Sebagai Lembaga
|
C1
C1
C3
C3
C1
C1
C3
C3
C2
C1
C3
C1
C3
C4
C5
C3
C4
C3
C5
C5
C4
C5
C2
C1
C2
C4
C4
C5
C3
C3
C2
C3
C2
C5
C5
C2
C3
C3
C4
C4
C1
C2
C3
C4
C3
C4
C2
C3
C5
C2
|
Menjelaskan arti dari
gereja (ekklesia)
Menyebutkan asal kata
ekklesia dalam bahasa aslinya
mengkaitkan kata gereja
dengan ayat Alkitab yang terhubung
Menemukan perkembangan
sejarah gereja pertama kali di dunia
Menyebutkan jabatan gereja
yang mulai berfungsi saat zaman rasul
Menyebutkan tugas panggilan
gereja dengan benar dan tepat
Membedakan kesamaan antara
institusi sosial dengan gereja
Membedakan antara gereja
dengan institusi sosial
Menerangkan maksud dari
sikap kritis dalam kaitannya dengan gereja
Menyebutkan aliran yang
berkembang pada gereja mula-mula
Membedakan beberapa
pengaruh globalisasi ditengah-tengah lingkungan gereja
Dapat menjelaskan arti dari
tantangan gereja secara internal
Menemukan nilai positif
yang muncul dari beberapa aliran gereja
Menganalisa dengan
memberikan sikap bila terjadi perpecahan atau perselisihan dilingkugan gereja
Dapat menyimpulkan sisi
negatif dari ekklusifisme
Menemukan saat dimana
manusia mulai merasa perlu untuk beragama
Memberikan penilaian dalam
bentuk alasan terhadap keinginan manusia untuk patuh terhadap kehidupan
beragama
Memberikan dasar dalam
Alkitab bahwa manusia perlu mengembangkan budaya beragama
Mengkombinasikan hal budaya
agama dengan homo ratio dan labor
Menafsirkan kehidupan
budaya agama dalam Alkitab yang dipegang oleh umat Israel khususnya
Menelaah dengan baik
berkenaan dengan kebudayaan sehingga bisa diterima oleh iman Kristen
Membuat formula yang tepat
(mengkategorikan) dalam bentuk sikap yang benar terhadap kebudayaan
Menunjukkan arti dari agama
Menentukan arti dari religere
Dapat meyebutkan arti dari
agama secara umum (setelah dianalisakan)
Menghubungkan pentingnya
beragama ke dalam kehidupan manusia dengan benar
Mengkategorikan unsur-unsur
agama dalam praktiknya dari kehidupan
paranormal (menerapkan)
Dapat menyimpulkan mengenai
pandangan Kristen tentang agama
Dapat menentukan fungsi
dari agama, termasuk yang bukan
Menunjukkan fungsi terhadap
jabatan yang dipegang menurut tanggung jawabnya
Memberikan penjelasan
dengan benar mengenai agama wahyu
Menyesuaikan kehidupan dari
praktik beragama yang diwujudkan dalam bentuk hal yang sakral (benda dan
sejenisnya)
Menyebutkan hambatan dari
peran agama di masyarakat sehingga tidak berjalan dengan baik
Dapat menyimpulkan peran
agama dalam masyarakat di sekitarnya
Menyimpulkan hal yang
dilakukan oleh manusia untuk membarui hidupnya
Menemukan pengaruh agama
bagi kehidupan bermasyarakat pada umumnya
Menemukan bentuk yang tepat
untuk membarui masyarakat terhadap prilaku agama
Menemukan sosok pribadi
yang dapat memberikan pembaharuan kepada hal yang berarti
Dapat memberikan kesimpulan
dalam mempertahankan prilaku hidup yang benar sehingga dibarui terus menerus
Mengkorelasikan unsur-unsur
agama yang telah diinstitusikan
Menjelaskan peran
konstruktif agama sebagai lembaga dalam masyarakat
Dapat menyebutkan dua
bagian yang berkaitan dengan hal konstruktif (organisasi keagamaan)
Menetapkan hal yang
doktrinal dengan benar, berkaitan bisa atau tidaknya mitologi dan teologi
rasional dapat diterima secara alkitabiah
Menghubungkan dengan
jabatan di dalam PL dalam kaitannya dengan konstruksi (kelembagaan) agama
Menentukan kelembagaan yang
diteteapkan oleh pemerintah untuk mengatur dan mengawasi dalannya kebebasan
beribadah
Menganalisa peran agama
yang destruktif melalui munculnya idealisme
Dapat memberikan penjelasan
maksud dari fanatisme
Memperkirakan
langkah-langkah yang harus ditempuh untuk meminimalkan peran destruktif agama
Mengkaitkan atau
menghubungkan kehidupan yang tolerir dalam beragama dengan teladan yang
ditunjukkan oleh Yesus
Menyebutkan beebrapa bentuk
konflik sosial yang bersumber dar agama
|
|
|
KISI – KISI UJI
KOMPETENSI (UUSB)

MATA PELAJARAN & NAMA GURU : PAK,
Heri Sihaloho, M.Div
KELAS/SEMESTER/TAHUN PELAJARAN :
XII / Ganjil / 2007 - 2008
Standar
Kompetensi : Memahami berbagai teks
bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca.
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
ASPEK/
TAKS
|
INDIKATOR
SOAL
|
SOAL
|
KUNCI
|
|
|
|
|
|
|
KISI – KISI UJI
KOMPETENSI (UUSB)

MATA PELAJARAN & NAMA GURU : PAK,
Heri Sihaloho, M.Div
KELAS/SEMESTER/TAHUN PELAJARAN :
XII / Ganjil / 2007 - 2008
Standar
Kompetensi : Mengungkapkan informasi
dalam berbagai bentuk paragraf ( naratif, deskriptif dan ekspositif )
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
ASPEK/
TAKS
|
INDIKATOR
SOAL
|
SOAL
|
KUNCI
|
.
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar