Kamis, 03 April 2008

Soal-soal kelas XI

Kumpulan soal yang dipakai untuk tagihan dalam ulangan harian tuk kelas XI baik IPA-IPS

  1. Apa yang dimaksud dengan gaya hidup modern? Jelaskan dengan tepat.
  2. Apa saja yang dapat dikatakan sebagai gaya hidup modern ? Tuliskan 5 saja
  3. Berdasarkan penjelasan dari gaya hidup modern maka berkaitan erat dengan kehidupan pada zaman Kain dan Habel (Kejadian 4). Bagaimana mereka dapat bertahan untuk hidup (survival)? Alat apa yang mereka gunakan untuk mendukung pekerjaan mereka dalam kehidupan sehari-hari? Ingat penjelasan p’heri.
  4. Tuliskan ciri-ciri dari komunitas masyarakat modern yang terkait secara social (bukan politik dan ekonomi)? Minimal empat ciri.
  5. Apa saja yang positif dari gaya hidup modern? (minimal empat)
  6. Tuliskan pengaruh negatif dari gaya hidup modern? (ada tiga dampak)
    Perhatikan Keluaran 32:1-35, menceritakan tentang kehidupan bangsa Israel di Padang Gurun. Apa yang mereka perbuat dalam cerita itu? Bagaimana mereka mengekspresikan gaya hidup modern (lifestyle)? Mengapa mereka terjebak untuk kembali melakukan hal yang sama sebelumnya? Tuliskan berapa lama mereka berada di dalam tekanan bangsa asing itu?
  7. Tuliskan beberapa paham yang mendorong gaya hidup menyimpang? Berikut dengan artinya (minimal lima).
  8. Di dalam sinetron seringkali kita temukan kehidupan yang menampilkan kekayaan dan kekuasaan selain romantisme yang lebih dominan. Dalam hal kekayaan nampak ada mobil mewah, rumah mewah, perusahaan yang ternama dan berkembang, ditambah lagi dengan pesta-pesta yang dibuat demi menunjukkan harta kepemilikannya kepada orang lain. Menurut uraian di atas maka dapat dikelompokkan ke dalam gaya hidup modern, yakni? (Liberalisme, Individualistik, Materialisme, Elitisme, Hedonisme)
  9. Di dalam 1 Raja-raja 21:1-29 menjelaskan tentang nilai yang materialis terhadap kisah tersebut. Tuliskan bagian manakah yang menunjukan gaya hidup yang materialis dari peristiwa Raja Ahab dengan Nabot? Uraikan argument anda !
  10. Perhatikan 1 Korintus 3:4-5, termasuk dalam paham apakah pernyataan tersebut menurut gaya hidup modern?
  11. Masuknya gaya hidup modern dapat mempengaruhi nilai-nilai kristiani. Hal apa saja yang membuat nilai-nilai tersebut menjadi bergeser dan tidak terpakai lagi ? (ingat penjelasan p’heri)
  12. Dalam kaitannya dengan lifestyle, tuliskan perbedaan antara budaya barat dengan budaya timur? Bagaimana mereka masing-masing memandang hal itu?
  13. Pilihlah dari contoh gaya hidup yang bertentangan dengan Alkitab disamping ini, yakni? (Pluralisme, pesta pora, Arisan, Investasi, Humanistik)
  14. Perhatikan kitab anda, dan lihat Pengkotbah 1:9-10. Apa hubungannya dengan gaya hidup modern? Tuliskan argument anda 5-7 kalimat.


Tidak ada komentar: