Kamis, 03 April 2008

Soal-soal Pendidikan Agama Kristen untuk kelas X, XI, XII

Seluruh essay di bawah ini menampilkan materi-materi yang pernah didiskusikan di kelas dengan menggunakan buku suluh siswa terbitan BPK. Gunung Mulia, dan bebeapa referensi yang menjadi pegangan guru di kelas.

  1. Apa yang di maksud dengan Adversity Quotient (AQ) menurut Paul G Stoltz ?
  2. Tuliskan tiga tipe yang dimiliki oleh manusia dalam menghadapi kehidupannya menurut Stoltz ? Jelaskan masing-masing tipe manusia tersebut ! Anda ada di tipe yang mana? Uraikan alasan anda!
  3. Gambarkan dengan jelas keberadaan manusia ketika menghadapi tantangan/masalah hidup berdasarkan tipe yang dimilikinya !
  4. Jelaskan bagaimana cara Tuhan Yesus menghadapi tantangan ! Bagaimana anda akan meneladani sikap Yesus tersebut ! (gunakan Alkitab anda)
  5. Tuliskan beberapa tantangan yang sering dihadapi oleh remaja (2 saja)! Berikan pendapat anda bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut !
  6. Menurut Alkitab “senjata-senjata” untuk menghadapi tantangan adalah. . . . . . .
  7. Apa perbedaan fungsi keluarga menurut para sosiolog dengan fungsi keluarga menurut Alkitab ? Jelaskan!
  8. Tuliskan 4 hal pokok (menurut buku yang anda baca) yang dapat menjadi fondasi kuat dalam hidup berkeluarga ?
  9. Dalam hal keluarga, bagaimana pasangan tersebut menerapkan pengertian “satu daging”? jelaskan dua poin saja!
  10. Bagaimanakah tradisi orang Yahudi dalam mendidik anak di tengah-tengah keluarga ?
  11. Mengapa Yakub lebih memperhatikan Yusuf dan Benyamin di antara anak-anak lainnya? Jelaskan bagaimana sikap anda apabila dalam keluarga terjadi pilih kasih ?
  12. Dalam konsep kekristenan, kasih setia itu bersifat horizontal dan vertical, artinya berlangsung dalam kaitan dengan hubungan antara manusia dengan Tuhan dan antara manusia dengan sesamanya. Dalam hal ini, gambarkanlah skema berdasarkan pernyataan tersebut!
  13. Gambarkan dengan jelas (menurut konsep yang ada di buku) hubungan antar sesama anggota keluarga Kristen!
  14. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia. Tuliskan kitab, pasal dan ayat tersebut.
  15. Apa yang menjadi dasar dalam keluarga Kristen ? Dapatkah diijinkan dalam keluarga Kristen untuk bercerai ? Jelaskan alasannya sebanyak 5-7 kalimat, berikut dengan dasar Alkitabnya. Sejauh mana “perceraian (perpisahan)” dapat terjadi ?
  16. Tuliskanlah syarat-syarat untuk mengikut Yesus (ada empat) !
  17. Tuliskan paham-paham gaya hidup modern yang bertentangan dengan iman Kristen (min. 5)!
  18. Jelaskan perbedaan nilai dan norma!
  19. Tuliskan dan jelaskan tiga nilai menurut Notonegoro! Uraikan pendapat anda, mengapa nilai yang terakhir tidak mendapat tempat yang utama bagi Notonegoro.
  20. Berdasarkan buku yang anda baca, tuliskanlah beberapa contoh nilai dan norma yang berlaku secara universal di dalam masyarakat yang perlu disikapi dengan kritis sesuai dengan iman Kristen! Setelah anda tuliskan, tambahkan lagi minimal lima contoh yang menurut anda termasuk di dalamnya.
  21. Dimana letak perbedaan antara Kebaikan Hati dengan Tanpa Pamrih?
  22. Di dalam Alkitab ada beberapa tokoh Alkitab yang menjadi contoh dalam menunjukkan sikap kesetiaan, sebutkan lima tokoh saja (berikut dengan ayat alkitabnya)!
  23. Jelaskan apa yang dimaksud dengan nilai Kristiani!
  24. Tuliskanlah minimal 3 contoh tindakan yang menggambarkan sikap rela berkorban! Jelaskan arti, dan berikan ayat pendukungnya!
  25. Apa yang menjadi dasar perkawinan dalam keluarga Kristen? Tuliskanlah akibat dari kehidupan keluarga yang berpoligami! Sebutkan tokoh-tokoh di Alkitab yang berpoligami (minimal 6).
  26. Jelaskan pengertian anda mengenai “takut akan Tuhan”, dan tunjukkan perbedaannya dengan “Hormat akan Tuhan”!
  27. Menurut buku yang anda baca, apa yang di maksud dengan “mengasihi dengan tulus”? Tunjukkan ayat-ayat yang berhubungan.
  28. Apa yang dimaksud dengan monogami dan poligami. Tuliskanlah tokoh yang ada di dalam Alkitab yang tergolong ke dalam perkawinan monogami (minimal 5 pasangan). Apa yang menyebabkan bangsa Israel ingin memiliki isteri lebih dari satu? Dan mengapa Musa mengizinkan bangsa Israel untuk menceraikan isterinya? (ingat penjelasan p’heri)
  29. Salah satu unsur nilai kristiani adalah tidak menghakimi. Bagaimana dengan peristiwa ketika Yesus membela perempuan berdosa yang kedapatan berzinah ditengah-tengah orang Farisi, mengapa Yesus mempertahankan pezinah (jablay) tersebut? Makna apa yang dipetik dalam peristiwa itu? Bagaimana Yesus bisa menerima kondisi orang tersebut ditengah-tengah hukum yang sangat kuat, baik dari tradisi Yahudi dan Romawi? Jelaskan argumen anda.
  30. Rendah hati merupakan salah satu nilai Kristiani yang sering diteladani oleh Yesus Kristus kepada manusia dalam dunia ini. Untuk menjelaskan arti dari rendah hati dapat digambarkan bagaikan, semakin berisi semakin merunduk. Apa makna kalimat yang digarisbawahi tersebut :
  31. Apa yang dimaksud dengan damai menurut buku “suluh siswa” ?
  32. Ada beberapa cara yang Tuhan Yesus lakukan dalam mengasihi musuh, tuliskan berikut dengan ayat pendukungnya.
  33. Perumpamaan tentang talenta dalam Matius 25:14-30 menjelaskan nilai Kristiani yang terkandung dalam unsur?
  34. Tuliskan arti dari hakekat gereja yang sesunguhnya! Berikut dengan dasar ayat Alkitabnya (minimal 2).
  35. Apa yang dimaksud dengan Institusi sosial? Berikan contoh lembaganya (minimal 2).
  36. Tuliskan dengan lengkap persamaan antara gereja dan Institusi sosial!
  37. Apa yang menjadi perbedaan antara Institusi sosial dan gereja ?
  38. Dalam konteks budaya Yunani, jelaskan pengertian dari ekklesia! Artikan pula berdasarkan pemenggalan kata tersebut.
  39. Tuliskan bukti-bukti gereja yang dapat dijelaskan secara fisik (minimal 4 atribut)
  40. Kapan dan dimana pertama kali gereja berdiri secara fungsional ? Tuliskan ayat dasarnya!
  41. Gereja memiliki tiga tugas inti yaitu diakonia, koinonia, dan marturia. Sebutkan arti dari masing-masing tugas tersebut dan tuliskan contohnya!
  42. Sebutkan bukti-bukti tertulis di dalam Alkitab yang menunjukkan bahwa gereja berkembang secara pesat (pertumbuhan kuantitas), berikut dengan dasar ayat alkitabnya!
  43. Apa yang dilakukan gereja-gereja di Indonesia untuk merumuskan cara dalam mewujudkan tugas dan panggilannya dalam bentuk partisipasi dan pelayanan! (Tuliskan empat cara yang ideal)
  44. Bagaimana umat Kristen menyatakan ”tanda-tanda” yang menunjukan hal kerajaan Allah kepada seluruh umat manusia? (tuliskan empat tanda)
  45. Tuliskan nama-nama lembaga yang membawahi gereja-gereja yang ada di Indonesia? (minimal 5 lembaga)
  46. Injil berasal dari bahasa Yunani ”euangelion” yang berarti ”kabar baik”. Menurut Alkitab, apa yang dimaksud dengan Injil? Tuliskan ayat pendukungnya.
  47. Apa yang terjadi dengan gereja di kota Antiokhia? Lihat di Alkitab anda.
  48. Tuliskan nama lain dari istilah Kepala Gereja ?
  49. Pada zaman setelah Yesus naik ke Surga, apa yang dilakukan oleh para rasul sebagai gereja untuk bersaksi kepada setiap umat? (Lihat di dalam Kitab KPR). Tanda-tanda apakah yang menyertai orang percaya dalam melakukan tugas panggilannya? (Lihat dalam kitab Markus), tuliskan tiga aksi atau tanda yang lebih dominan pada zamannya.
  50. Tunjukkanlah beberapa ayat Alkitab (peristiwa) yang bertentangan dengan pemahaman science (min. 3)
  51. Uraikan tentang urutan perkembangan ilmu pengetahuan dari zaman ke zaman. Pada abad berapakah ilmu pengetahuan mulai bercabang? Bagaimana kondisi gereja pada abad tersebut sehingga para tokoh gereja (rohaniawan) menemukan pemikiran-pemikiran baru tentang science?
  52. Apakah kloning dilarang dari sudut pandang agama, sekalipun kloning membawa manfaat? Jelaskan berdasarkan uraian Alkitab!
  53. Bagaimana anda menjelaskan tentang munculnya mesin Fending Condom yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah untuk mengendalikan Aids?
  54. Berikan tanggapan anda terhadap teori Evolusi Darwin! Dan tunjukkan ayat-ayat yang melawan teori tersebut. Apa yang dilakukan oleh Darwin untuk membuktikan bahwa teorinya benar ?
  55. Menurut anda berapakah usia bumi saat ini. Jelaskan berdasarkan pendekatan ilmiah dan alkitabiah !
  56. Apa yang menjadi keberatan dari ilmuan sehingga mereka menolak sebagian dari isi Alkitab? Bagaimana anda menghubungkan antara iman dan ilmu pengetahuan ? Jelaskan uraian anda.
  57. Sebutkan bukti-bukti (fakta) yang menunjukkan bahwa Alkitab bias diterima secara ilmiah. (tunjukkan ayat-ayat alkitab yang mendukung).
  58. Dalam hubungannya dengan ilmu pengetahuan, jelaskan arti dari istilah tesis, atesis, dan sintesis! (ingat penjelasan p’heri). Dan tuliskan rumusannya.
  59. Tunjukkanlah di dalam Alkitab yang membuktikan bahwa kehidupan Dinosaurus sudah muncul pada zaman dulu sekalipun dalam kelompok reptile!
  60. Jelaskan tentang falsafah nenek moyang tentang “ilmu padi” !
  61. Jelaskan secara ilmiah peristiwa terbelahnya Laut Teberau berdasarkan pendekatan science.
  62. Jelaskan secara ilmiah peristiwa air berubah menjadi anggur (Yoh 2:1-11) berdasarkan pendekatan science.
  63. Tuliskan maksud dari teori “Big Bang”, apa yang menjadi perbedaan antara teori tersebut dengan proses penciptaan menurut Kitab Kejadian 1-2.
  64. Cari dan temukan di dalam Alkitab yang menurut ilmuan bahwa bagian dari Alkitab terdiri dari pengaruh mistis (minimal 4).
  65. Apa yang di maksud dengan HAM ? Mengapa HAM dianggap penting ? Apa perbedaan HAM dengan hak yang biasa ?
  66. Dalam hubungannya dengan HAM, apa yang dimaksud dengan Fundamental dan Universal ?
  67. Apa saja yang mencakup dengan hak-hak asasi ?
  68. Jelaskan pengertian HAM dalam perspektif iman Kristen !
  69. Apa saja yang dapat dikatakan/dikategorikan sebagai pelanggaran HAM ?
  70. Tuliskan pengertian dari demokrasi berdasarkan pemenggalan katanya!
  71. Tuliskan perkembangan demokrasi sepenjang abad (masa) ! Singkat saja
  72. Jelaskan pengertian demokrasi dalam perspektif iman Kristen !
  73. Apa yang dimaksud dengan teokrasi ? Sebutkan contoh dalam Alkitab
  74. Dalam iman Kristen, demokrasi memiliki makna ketika kasih menjadi motivasi dan keadilan menjadi tujuan. Hal ini diungkapkan oleh seorang tokoh ?
  75. Hal apa saja yang diwujudkan sebagai orang Kristen dalam berperan aktif demi kehidupan berdemokrasi ? minimal 2 wujud nyata.
  76. Apa yang dimaksud dengan suara kenabian di dalam berdemokrasi?




    Catatan : Boleh menggunakan Alkitab dan Seluruh Buku Suluh Siswa (kelas X-XII)

1 komentar:

mitrasejahtera mengatakan...

ini latihan atau ringkasan pak.....
banyak amat....
selamat bekerja, GBU