Kamis, 03 April 2008

Soal-soal mid semester genap kelas X

  1. Apa yang di maksud dengan identitas sebagai murid Kristus ? Jelaskan.
  2. Tuliskan keduabelas murid Yesus dengan lengkap, berikut dengan profesinya?
  3. Tuliskan empat murid pertama yang terseleksi oleh Yesus?
  4. Apa tujuan Yesus menjadikan mereka (12 murid) sebagai murid ?
  5. Apa yang membuat mereka tertarik dengan Yesus sehingga menjadikan Ia sebagai guru, pemimpin, bahkan Tuhan ?
  6. Tuliskan profesi atau kedudukan yang terhormat pada zaman Yesus bagi orang Yahudi?
  7. Tuliskan perkembangan murid-murid (pengikut Yesus) berdasarkan kuantitas (jumlah) dari yang Yesus pilih sampai Ia sudah tidak ada lagi di dunia ini (terangkat). Berikut dengan bukti ayatnya. (ingat penjelasan p’Heri).
  8. Apa saja yang menjadi syarat untuk mengikut Yesus?
  9. Tuliskan resiko atau konsekuensi untuk mengikut Yesus?
  10. Di dalam Alkitab cari dan temukan data yang menunjukkan bahwa pengikut Yesus harus berhadapan dengan maut karena mempertanggngjawabkan imannya?
  11. Ada sekian banyak orang yang sudah mengikut Yesus dengan serius dan pada akhirnya harus mengundurkan diri. Kasus ini terlihat di dalam Alkitab, Yoh.6:60-66 (perhatikan latar belakangnya). Apa yang menyebabkan mereka tarik diri dari Yesus? Jelaskan alasan yang kuat, ingat penjelasan p’Heri.
  12. Di dalam Lukas 18:31-43, ada beberapa kelompok orang yang memiliki pengenalan yang berbeda terhadap Yesus dalam hidup mereka masing-masing. Siapa sajakah kelompok orang tersebut? Manakah yang menunjukkan orang yang sungguh-sungguh mengenal Yesus secara khusus dan pribadi ?
  13. Siapa saja pengikut Yesus yang berlatar belakang bangsawan atau terhormat hidup sosialnya?
  14. Tuliskan orang terpilih yang menggantikan Yudas, murid yang menghianati Yesus, bagaimanakah cara proses pemilihannya?
  15. Apa yang dimaksud dengan remaja modern menurut pengertian yang ada di buku anda?
  16. Tuliskan bukti-bukti modernisasi yang mulai muncul sejak zaman Adam dan Hawa sampai pada keturunannya. Jelaskan alasan-alasannya.
  17. Bagaimanakah seharusnya sikap dari remaja Kristen sebagai murid Kristus di dalam menghadapi perkembangan masa remaja di dunia modern ?
  18. Tuliskan ciri-ciri dari remaja modern dalam kehidupan sehari-hari ? Minimal 3.
  19. Apa yang dimaksud dengan Gambar dan Rupa Allah ?
  20. Di dalam Alkitab, setelah manusia jatuh ke dalam dosa, Allah tidak tinggal diam untuk berbuat sesuatu terhadap ciptaanNya. Apa yang dilakukan Allah ketika Allah mengetahui bahwa manusia jatuh ke dalam dosa sebagai bukti cara Allah menghargai manusia ?
  21. Dalam Yohanes 8:2-11, para ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa seorang perempuan yang kedapatan berzinah. Menurut tradisi orang Yahudi apa yang harus dilakukan untuk menghukum orang itu karena kedapatan mesum ? Bagaimana sikap Yesus dalam menghadapi peristiwa yang dilematis tersebut (kasus wanita berzinah)? Apa yang ingin Ia pertahankan dari wanita itu ditengah-tengah hukum yang berlaku?
  22. Temukanlah peristiwa di dalam Alkitab yang menunjukkan bahwa Yesus bergaul dengan orang yang “terbuang”, kelompok anak kecil, golongan terpandang, dan SARA yang berbeda ! Masing-masing satu peristiwa!
  23. Mengapa manusia begitu berharga dimata Allah ? Tuliskan argumen anda 5-7 kalimat, berikut dengan ayat yang berhubungan.
  24. Apakah yang mendorong Ibu Theresa untuk memperhatikan sesamanya dengan penuh pengorbanan terhadap orang yang mengalami kusta, kelaparan, penganiayaan, kemiskinan, bahkan terbuang ?

1 komentar:

ngadu_bako mengatakan...

susah amat pak